RAPORT : Membuat Kriteria Penilaian dengan Excel

Penilaian dengan kurikulum sekarang ini perlu memberi beberapa deskripsi atas hasil prestasi siswa secara individu. Misalnya suatu mapel akan menetapkan ada 5 kriteria jenjang ketuntasan belajar para siswanya. Misalkan menggunakan abjad A,B,C,D dan E.

Asumsi lain misalkan menggunakan rentang angka dari 1 hingga 100.
Di bawah ini rekayasa Bpk. Hairul Anhar,S.Pd, M.PdI yang diolah kembali oleh Bpk.Husnan afandi dari SMA Negeri 1 Paiton. Semoga bapak/ibu yang amat mencintai excel ( juga karena terbatasnya hardware atau software ) dapat memanfaatkannya.

Kriteria ini menggunakan dasar formula atau Fungsi IF pada Excel.
Silahkan buka Excel (kami menggunakan Office 2003 ) dan coba rumus ajaib ini :
1. Kriteria dengan Abjad :

=IF(C17>=85;”Sangat Baik, Pertahankan keaktifannya”;IF(C17>=75;”Baik, Pertahankan dan Tingkatkan keaktifannya”;IF(C17>=70;”Cukup, Tingkatkan

keaktifannya”;IF(C17>=60;”Kurang, Perlu serius belajar”;IF(C17<=59;”Kurang Niat Belajar, Anda diambang Tidak Naik Kelas”;” “)))))

2. Kriteria dengan rentang nilai 1-100 :

=IF(C14=”A”;”Sangat Baik, Pertahankan keaktifannya”;IF(C14=”B”;”Baik, Pertahankan dan Tingkatkan keaktifannya”;IF(C14=”c”;”Cukup, Tingkatkan keaktifannya”;IF(C14=”D”;”Kurang, Perlu serius belajar”;IF(C14=”E”;”Kurang Niat Belajar, Anda diambang Tidak Naik Kelas”;” “)))))

Pada rumus ini, cell C17 atau C14 menjadi referensi atau input data.

Copy paste rumus diatas mulai dari tanda = sampai tanda ) terakhir, setelah sukses  copy paste di satu cell teruskan copy paste pada cell sejumlah siswa anda.

Dibawah ini ada contoh pengembangan rumus diatas dalam format pdf. Diperlukan program adobe reader atau sejenisnya. Silahkan diklik link tersebut

Rumus penilaian dengan Fungsi IF,klik disini